13 Juli 2011

Pelatihan Komputer

Pelatihan Komputer merupakan suatu kegiatan dari Divisi Infokom Himpunan Mahasiswa Kimia FSAINTEK Universitas Airlangga yang berupa pelatihan mengenai cara penggunaan software-software yang berkaitan dengan ilmu kimia antara lain, Corel ChemLab dan ChemDraw. Corel Chemlab yaitu suatu software yang dapat melaksanakan reaksi kimia tanpa harus mereaksikan bahan kimianya dan dapat diperoleh hasil maupun perhitungan yang tepat. Sedangkan ChemDraw merupakan suatu software yang dapat membantu mahasiswa dalam membuat suatu struktur yang rumit dan membutuhkan waktu cukup lama apabila menggunakan proses manual. Kedua software ini nantinya akan digunakan dalam perkuliahan, sehingga setiap mahasiswa kimia harus mampu mengoperasikan kedua software tersebut. Hal inilah yang menjadi tujuan diadakannya kegiatan Pelatihan Komputer.


Pelatihan Komputer sebenarnya merupakan kegiatan rutin setiap tahun dimana sasaran utama kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa kimia angkatan termuda. Pada tahun ini, Pelatihan Komputer dilaksanakan sebanyak 2 sesi, yaitu pada tanggal 3 dan 10 Mei 2010 dengan bimbingan oleh dosen pada setiap sesi. Pada pelatihan ini diajarkan dasar-dasar pengoperasian software ChemDraw dan untuk selanjutnya peserta dibebaskan untuk mencoba sendiri. Sedangkan untuk software ChemLab hanya diberitahukan secara umum karena software ini kebanyakan digunakan oleh para dosen untuk simulasi praktikum.

Kegiatan Pelatihan Komputer ini diakui sangat bermanfaat karena mengajarkan cara penggunaan software yang nantinya akan diperlukan dalam proses perkuliahan.

1 komentar:

  1. Btw kalo kita mau ikutan pelatihan ini harus bayar biaya registrasinya berapa ya..AKu senenng ikutan acar kyk gini..MAkasih ya btw kalo acaranya diadakan lagi aku mau ikut ah...

    BalasHapus